Kamis, 29 Januari 2009

My Virtual Bike

Bike and photography is two things that i like very much.


Trims.


I need to read more

Senin, 26 Januari 2009

Membuat Sendiri Messenger Bag

Salam,

Kali ini aku akan menuliskan pengalamanku saat membuat messenger bag.

Messenger bag adalah sebuah jenis tas yang dipakai oleh Bike Messenger, yaitu seorang pengantar pesan/barang yang menggunakan sepeda dalam mengantar paket kirimannya.

Messenger bag identik dengan bentuk yang lebar dan mempunyai tiga tali pada tasnya tidak seperti tas pada umumnya yang hanya punya dua tali. Tas ini memiliki kapasitas besar dan berbahan dasar kuat karena tas ini digunakan untuk mengangkut barang yang mungkin tidak umum dibawa dalam sebuah tas.

Di Indonesia, setahuku belum ada produsen yang memproduksi tas ini. Namun, beberapa mal besar di Indonesa sudah menjual messenger bag buatan luar negeri dan tentu dengan harga yang sangat mahal. Rata-rata messenger bag buatan luar dijual pada kisaran $70-$200 dan itu bukan tas yang murah untuk dijual di Indonesia.

Terinspirasi dari eeio.blogspot.com yang telah membuat messenger bag dari bahan bekas. Aku pun mencoba membuat contoh awal dari spanduk yang sudah tak terpakai dari kampusku dengan menggunakan pola yang dicontohkan eeio.

Kemudian setelah yakin untuk membuat tas aslinya, lalu aku mengumpulkan semua informasi dan gambar dari internet untuk referensi. Kumulai dengan membuka situs produsen messenger bag seperti chrome dan timbuk2 . Berikut daftar produsen pembuat messenger bag.

Setelah mencoba menganalisa kekurangan dari tas yang sebelumnya kubuat dari spanduk, aku membuat lagi pola yang akan dibuatkan tas aslinya. Dan inilah hasil pola yang kubuat:
Note: ukuran tinggi pada bagian tutup(flap) telah kuubah menjadi 33 cm.

Dan kini waktunya mengumpulkan semua bahan yang diperlukan. Berikut daftar bahan yang kupakai :

  1. Kain tas (lupa namanya) 1 x 1,5 meter : Rp 25.000
  2. Kain tapeta (tahan air) 1 x 1,5 meter : Rp 15.000
  3. Clip tali kecil 3 buah : Rp 3.000
  4. Pita penutup pinggir : Rp 5.000
  5. Reflektor (skotlet) 1 meter : Rp 5.000
  6. Busa secukupnya : sudah punya (harga beli 0,5 meter Rp 8.500)
  7. Pita perekat : sudah punya (harga beli 1 meter Rp 3.000)
  8. Tali untuk tas secukupnya : di ambil dari tas lama yang tak terpakai.
  9. Benang Nylon 1 gulung : kebetulan sudah punya (harga beli Rp 4.000)
  10. Benang ASTRA hitam 1 gulung : juga sudah punya (harga beli Rp 500)
  11. Resleting (zipper) YKK 2 buah : sudah punya, atau kamu bisa ambil dari tas lama (harga beli Rp 3.000)
Total pengeluaran kotor untuk membeli bahan adalah: Rp 53.000
Bila semua bahan yang dipakai dihitung biaya, maka totalnya adalah: Rp 72.000


Tas yang kubuat menggunakan bahan anti air pada bagian luar dan dalam sehingga cukup baik untuk dipakai saat bersepeda ditengah hujan. Berat tas ini lebih berat dari tas sejenisnya karena menggunakan bahan yang cukup kuat untuk menahan beban berat.

Semua bahan lengkap dan kini waktunya menggunting. Menggambar dan menggunting pola pada bahan kain yang digunakan butuh keakuratan dan konsentrasi tinggi bagiku namun tidak bagi yang telah terbiasa membuat baju, contohnya ibuku sendiri dengan mesin jahitnya.

Kini aku akan dibantu sepenuhnya oleh ibuku untuk membuat messenger bag ini. Kamu juga bisa meminta bantuan tukang jahit untuk membuat messenger bag buatanmu sendiri.

Dan ini adalah saat dimana semua bahan diberi asesoris dan variasi untuk kemudian dijahit dan jadilah messenger bag. Dan kabar buruknya, ini juga keadaan dimana aku tidak bisa memfotonya. Jadi, mohon maaf karena proses pembuatan tidak bisa ditampilkan disini.

Baiklah, setelah semua bahan dijahit maka selesailah sudah tahapan membuat messenger bag. Dan inilah hasil akhir dari messenger bag buatan ibuku:


Dan ini dua gambar saat dipakai:
Coba dibandingkan dengan tas buatan pabrikan:

Berikut empat gambar detail dari messenger bag buatanku (dan ibuku) sendiri:


Dan ini beberapa link yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat sendiri messenger bag:
http://eeio.blogspot.com
http://www.instructables.com/id/Garbage-bag-Messanger-Bag/
http://www.instructables.com/id/Lined_Messenger_Bag/

Dan video menarik yang menunjukkan cara membuat sendiri messenger bag:
http://www.youtube.com/watch?v=sB1mE8e35UY

Dan ternyata ada juga yang copy-paste tulisan ini tanpa cantumkan sumbernya:
http://lahardy.wordpress.com/2010/06/26/membuat-sendiri-messenger-bag/

Lets act beyond green!
Trims.


I need to read more

Sabtu, 24 Januari 2009

Bike Messenger

Salam,

Tulisanku ini akan menjelaskan apa itu Bike Messenger dan serba-serbi tentang para Bike Messenger.

Bike messenger adalah sebutan bagi seseorang yang bekerja mengantarkan paket pada tujuan dengan menggunakan sepeda, sama seperti tukang pos di Indonesia pada dulu kala.

Keberadaan bike messenger telah ada sejak abad 18 hingga saat ini. Bagi penduduk negara-negara seperti Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Australia dan lainnya sudah tidak asing dengan bike messenger.

Penggunaan sepeda sebagai kendaraan mengantar paket dinilai lebih cepat, dan itu memang terbukti karena pada negara maju penduduknya lebih banyak menggunakan mobil sehingga diperlukan kendaraan yang bisa melintas cepat di tengah kemacetan jalan raya untuk mengantarkan paket tepat waktu.

Bekerja menjadi bike messenger bukan pilihan semua orang karena pekerjaan ini mempunyai resiko yang besar. Kebanyakan orang yang bekerja menjadi bike messenger adalah orang yang cycloholic atau hobi sepeda banget.

Bike messenger melewati jalanan yang macet dengan kecepatan tinggi sehingga resiko kecelakaan sangatlah besar, menerobos persimpangan jalan pun dilakukan untuk mengejar waktu yang juga menambah resiko pekerjaan ini.

Menurutku yang unik dari bike messenger ini adalah tas yang mereka gunakan atau yang disebut Messenger Bag . Karena tas ini mempunyai tiga tali; didesain untuk dapat membawa banyak barang namun tetap nyaman digunakan saat bersepeda dan juga tetap gaya saat dipakai.

Selain tas yang mereka pakai, jenis sepeda yang digunakan juga unik. Karena kebanyakan sepeda yang dipakai bike messenger adalah sepeda single speed yang artinya mereka tidak dapat memindah gir karena cuma ada satu gir.

Dan juga gir yang dipakai adalah fixed gear yang artinya kayuhan mereka sama seperti kecepatan putaran rodanya dengan kata lain mereka tidak bisa berhenti mengayuh saat sepeda berjalan. Oleh karena itu, rata-rata sepeda yang dipakai tidak memiliki rem.

IFBMA atau International Federation of Bike Messenger Associations adalah organisasi internasional yang mengumpulkan semua pelaku bike messenger di seluruh dunia dan mengkampanyekan pemakaian sepeda.

Di Indonesia, bike messenger memang belum ada. Tapi pernah kita lihat saat dulu pak pos masih memakai sepeda dalam mengantarkan surat. Kemungkinan besar banyak orang Indonesia yang mau menjadi bike messenger karena bagi seseorang yang hobi bersepeda, bekerja menjadi bike messenger adalah kenikmatan.

Dibayar untuk melakukan sesuatu yang kita suka, benar-benar mimpi seorang cycloholic.

Lihat juga kumpulan video yang direkam langsung kamera helm oleh Lucas Brunelle saat bersepeda menjadi bike messenger.

Baca lebih detil tentang bike messenger di:
http://en.wikipedia.org/wiki/Bike_messenger
http://nybma.com/
http://www.londonmessengers.org/news
http://www.messengers.org/

Pengen lihat Messenger Bag buatanku sendiri?

Lets act beyond green!
Trims.


I need to read more

Kamis, 22 Januari 2009

Menjadi Seorang Blogger Profesional

Salam,

Berikut adalah tulisan mengenai blogging. Tulisan ini akan menjelaskan poin-poin yang berhubungan dengan  blogger profesional dalam menjalani kegiatan blogging-nya. Banyak yang mendefinisikan blogger profesional, mungkin tulisan ini bisa menjelaskan tentang Bagaimana Blogger Sukses Itu.

Tujuan tulisan ini agar kita dapat menjaga kegiatan blogging tetap pada poin-poin dibawah ini walaupun tujuan dari kegiatan blogging kita bukan untuk menjadi profesional. Namun, tidak ada salahnya menjaga alur blogging kita seperti halnya blogger professional.

Menjadi Seorang Blogger Profesional
Bagaimana bila aku ini adalah seorang blogger profesional dan ternyata aku tidak menulis seperti biasanya; apakah dampak, dan bagaimana penilaian para pembaca? itulah dasar pemikiranku untuk menulis ini.


Keteraturan menulis
Seorang blogger profesional seperti Darren Rowse, atau Chris Brogan  hampir setiap hari menampilkan tulisan terbaru pada blog mereka. Dengan banyaknya pembaca setia tentu tulisan terbaru adalah hal yang dinantikan oleh para pembaca sehingga keteraturan dalam mem-publish artikel adalah suatu keharusan.

Pernah suatu ketika Chris Brogan tidak bisa menuliskan tulisan terbaru karena jarinya terluka, lalu dia melakukan video blogging sebagai tulisan terbarunya. Tindakan itu merupakan bukti kalau keteraturan adalah hal yang penting untuk blogger profesional.

Salah satu cara agar kita tetap dapat menampilkan tulisan terbaru adalah dengan meminta orang lain untuk menulis atau yang disebut guest post. Mengapa guest post dapat menjadi alternatif, berikut penjelasannya oleh Darren Rowse.

Pembaca setia
Sebuah blog tentu mempunyai pembaca setia, pembaca yang mengikuti tiap tulisanmu walau mereka hanya membacanya lewat RSS feed.

Ketertarikan mereka untuk membaca tulisanmu didasari oleh rasa ingin tahu yang sebanding dengan apa yang mereka harapkan. Mungkin pembaca setiamu adalah sahabat, atau keluargamu. Mungkin mereka cuma sekedar membaca beberapa paragaraf dari tulisanmu tapi mereka tetap pembaca setia.

Berikan respon pada setiap komentar pembaca, sehingga timbul adanya jalinan komunikasi. Dan dari situlah muncul jaringan sosial blogmu. Komunikasi yang terjaga pada setiap pembaca menciptakan kedekatan tersendiri, sehingga adanya pembaca setia.

Jaringan sosial
Setiap pembaca blogmu tergabung pada jaringan sosial dibawah naungan blogmu. Bagaimana kita menjaga komunikasi antara anggota jaringan bila kita tidak pernah dekat dengan mereka.

Mengomentari tulisan pembaca pada blognya masing-masing masih menjadi hal yang ampuh untuk menjaga komunikasi. Namun, tidak hanya itu saja komunikasi bisa dibentuk. Bergabunglah dengan para pembaca di situs jejaring sosial.

Lewat situs jejaring sosial seperti facebook, kita dapat mengenal lebih dekat dengan para pembaca. Menggunakan fasilitas seperti twitter juga dapat memperekat rasa sosial antar pembaca. Layaknya dunia nyata, kita tidak bisa hidup sendirian.

Kualitas dari kuantitas
Tidak semua blogger yang dianggap profesional oleh orang banyak selalu menulis artikel baru setiap hari atau tiap minggu bahkan setiap bulan. Coba saja perhatikan Jakob Nielsen yang terus menuliskan artikel bagus mengenai usability di situs pribadinya.

Dalam blogging, penting untuk kita menjaga kualitas antar tulisan sehingga tidak ada pasang surut penilaian oleh pembaca. Tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis bila itu memang senilai dengan apa yang akan diterima pembaca.

Pembaca setia bisa saja berkurang bila kita terlalu lama tidak menuliskan artikel baru, namun dari keadaan inilah akan terlihat siapa para pembaca yang sangat setia. Dan jagalah irama kualitas tulisanmu sehingga semakin banyak pembaca yang benar-benar setia.


Banyak hal yang berkaitan dengan para blogger profesional, namun kukira inilah inti dari apa yang mereka kerjakan dan bagaimana mereka bisa menjadi seorang blogger profesional.

Siapkah kamu untuk menjadi seorang blogger profesional?
Trims.


I need to read more

Selasa, 20 Januari 2009

Bagaimana Blogger Yang Sukses Itu

Salam,

Berikut adalah tulisan mengenai blogging yang berisi ciri-ciri blogger yang sukses.

Seperti apakah blog yang sukses itu. Itu adalah pertanyaan yang cukup sering muncul dibenakku akhir-akhir ini, setelah mencari beberapa referensi dan menganalisa blog orang-orang terkenal didunia maya ini aku simpulkan beberapa teori yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kamu.

Ciri-ciri menurut 12 Traits of Successful Bloggers adalah sebagai berikut:


Creative and Playful (Kreatif dan Bermain-main)
Karena blog adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk bermain,menunjukkan hal baru kepada orang banyak dan mengubah pandangan orang lain dengan sesuatu yang kita tulis.

Innovative (Inovatif)
Menunjukkan dan mengembangkan sesuatu hal dengan cara yang berbeda.

Connectors (Pertemanan)
Para blogger sukses mempunyai banyak hubungan relasi antar blogger lain dan juga kepada orang-orang yang mempunyai pengaruh penting didunia maya ataupun nyata.

Community Enablers (Pembuka Komunitas)
Para pembaca bukan hanya ingin membaca konten yang blogger tulis namun juga ingin berpartisipasi didalam blog yang mereka baca atau bahkan juga ingin menuliskan sesuatu didalam blog tersebut. Blogger sukses tidak selalu menjadi pemimpin yang menuntun komunitas(kumpulan pembaca) blog mereka, terkadang mereka mengajak atau membiarkan orang lain untuk ikut andil dalam menulis sebuah blog.

Information Mavens (Penerus Berita)
Blogger sukses suka mengumpulkan informasi atau berita, kelebihan mereka terdapat dalam kemampuan mereka dalam menyaring berita dan mengumpulkan hal-hal penting yang akan mereka sampaikan melalui blog mereka.

Communicators (Pembicara)
Blogger sukses mempunyai kemampuan menulis yang baik,namun tidak hanya itu saja karena mereka juga adalah seorang communicator yang mampu menganalisa kebutuhan dan keinginan para pembacanya.

Interest (Menarik)
Untuk menjadi menarik blogger harus tertarik terlebih dahulu. Blogger sukses akan menulis topik yang sebelumnya telah dipilihkan(oleh pembaca) dengan senang hati sehingga terdapat suatu daya tarik tertentu pada pembaca terhadap tulisan blogger.

Enterpreneurs (Enterpreneur)
Para blogger sukses selalu melihat peluang pada setiap kesempatan, contohnya dengan memulai sesuatu saat orang lain belum memulainya.

Originality (Unik)
sangat sulit untuk menjadi unik didunia blogging namun tidak untuk blogger sukses,mereka tahu bagaimana caranya menjadi unik diantara lainnya-dua orang blogger yang sukses adalah tidak sama.

Perseverance (Berkelanjutan)
Blogger sukses sadar bahwa membutuhkan waktu yang lama untuk mengembangkan blognya menjadi sukses serta melihat masa lalu sebagai motivasi untuk tetap bertahan. Mereka tahu kapan waktu untuk selesai saat ada yang salah tapi juga memiliki kedisiplinan untuk tetap fokus untuk/setelah waktu yang lama.

Focus (Fokus)
Banyak hal baru bermunculan dan tidak sedikit blogger membahasnya namun beberapa blogger sama sekali tak tertarik untuk membahasnya karena mereka mempunyai fokus tertentu sehingga apapun yang terjadi disekitar, mereka tidak mudah tertarik untuk menuliskannya.

Curiosity (Rasa ingin tahu)
Mereka(Blogger sukses) selalu mencoba untuk mencari tahu walaupun hal tersebut telah jelas adanya. Mereka selalu mencoba mendobrak batas untuk terus berangan-angan dan mencoba menelusuri lebih jauh.

Menurutku blog yang sukses itu sebagai berikut:

Direncanakan
Semua hal tanpa rencana akan menghasilkan sesuatu yang berantakan,begitu juga dengan blog. Rencanakan tujuan kamu membuat blog, konten apa yang akan kamu tulis. Kalau perlu bikin visi dan misi terus pajang didepan blog kamu :P *hehehe*

Mempunyai konten yang menarik
Tanpa kamu menulis sebuah tutorial, how-to, artikel politik, atau mungkin kunci jawaban UAS! *opss* asalkan kamu menulis sesuatu yang menarik..mereka pasti kasih komen!

Mempunyai konten yang bermanfaat
Sudah pasti semua yang bermanfaat akan terus dicari dan digunakan oleh orang lain. Buatlah daftar kemampuanmu didunia nyata, setelah itu rencanakan tutorial tentang kemampuanmu itu. Contohnya kamu ahli memasak,buat saja artikel tentang tips memasak, resep atau lainnya. Jangan lupa pula cari referensi tentang kemampuanmu itu sehingga kamu makin banyak ide untuk menulis.

Tidak harus menjadi peringkat 1 dihasil search engine
Karena konten lebih penting daripada peringkat,teruslah menulis sesuatu menarik/bermanfaat hingga kamu lupa kalau semenit lalu kamu baru saja posting. Dan juga menurutku peringkat atas hanyalah efek dari konten yang bagus.

Enak dilihat Cepat dibaca
Kalau apa yang kamu tulis memang menarik atau bermanfaat maka pembaca akan merelakan waktu mereka untuk membaca blogmu hingga selesai. Janganlah menulis terlalu panjang,bila harus buatlah variasi tulisan.


Semoga bermanfaat.
Trims.


I need to read more

Sabtu, 10 Januari 2009

Pengaruh Lintas Berita Terhadap Jumlah Pengunjung

Salam,

Berikut adalah artikel yang didasari oleh pengalaman pribadi. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana lintasberita.com dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung website secara signifikan.

Lintasberita.com merupakan situs yang memberikan fasilitas untuk user mempublikasikan URL berdasarkan kategori. Dan kemudian URL tersebut akan mendapatkan poin setiap kali user lain memilihnya sehingga URL tersebut mempunyai kesempatan untuk terus berada pada halaman depan lintasberita.

Dengan kata lain, bila kamu mempublikasikan URL artikel blogmu maka kamu mempunyai kesempatan untuk mendapatkan jumlah pengunjung tambahan. Karena tiap artikel dapat direkomendasikan dengan poin, sehingga saat user lain mencari artikel di lintasberita maka artikel dengan poin terbanyaklah yang muncul pada urutan atas.

Berikut adalah penjelasan mengenai Pengaruh Lintas Berita Terhadap Jumlah Pengunjung.

Peningkatan jumlah pengunjung pada sebuah blog tergantung pada konten yang ada. Bila konten yang ada cocok dengan apa yang dicari oleh user maka user akan membaca konten tersebut. Jadi, walaupun kamu telah mempublish semua URL artikel blogmu di lintasberita.com tidak selalu ada peningkatan pengunjung.

Namun, apa yang user cari cocok dengan atikel yang kau tulis maka artikelmu akan mendapat rating dan terus muncul pada halaman depan lintasberita.com. Seperti halnya artikelku tentang game online buatan Indonesia.

Artikelku tersebut telah ku-publish di lintasberita.com dan satu hari kemudian terjadi peningkatan tajam pada jumlah pengunjung blogku ini. Peningkatan ini sangat drastis, mencapai lebih dari seratus persen dari rata-rata jumlah pengunjung harian.



Gambar disamping adalah grafik yang menunjukkan jumlah pengunjung blog ini setiap hari yang kuambil dari Google Analytics. Dan terlihat pada tanggal 7 Januari 2009 terdapat peningkatan tajam dari sebelumnya.

Peningkatan ini cukup membuatku heran dan kaget, saat melihat grafik ini timbul pertanyaan dari manakah semua pengunjung ini; dan apa yang membuat ini terjadi.

Setelah kulihat data lainnya di Google Analytics, ada beberapa hal yang menarik perhatianku yaitu:
 
Ternyata pengunjung baru datang melalui lintasberita.com dan jumlahnya cukup banyak. Kemudian setelah kulihat akun di lintasberita.com aku baru sadar kalau artikel mengenai game online buatan Indonesia tersebut telah dipilih oleh banyak orang.

Kemudian kutelusuri lagi data di Google Analytics dan kutemukan lagi data ini:
Dari data diatas dapat disimpulkan benar ternyata bahwa lintasberita.com telah menyumbang tambahan pengunjung baru yang cukup banyak. Walaupun terlihat, para pengunjung tersebut hanya mengunjungi satu halaman dengan rata-rata waktu dibawah satu menit.

Apa yang dapat dipelajari?

Yang dapat kupelajari dari pengalaman diatas adalah, bahwa:
  1. Publikasikan artikelmu ke situs sosial.
  2. Search Engine bukanlah satu-satunya sumber pengunjung.
  3. Gunakan situs berbahasa Indonesia semacam lintasberita.com untuk media promosi.
  4. Publikasi di Digg.com dan lainnya hanyalah membuang waktu bila artikelmu berbahasa Indonesia.
Kesimpulan
Mulailah untuk melakukan promosi blogmu secara manual dengan mempublikasikan link artikelmu di situs jejaring sosial semacam facebook.com, friendster.com, dan lainnya. Perhatikan pula struktur blogmu, buatlah pengunjung gampang untuk menelusuri blogmu dan desainlah blogmu semenarik mungkin.

Sekian artikel mengenai Pengaruh Lintas Berita Terhadap Jumlah Pengunjung. Tulislah kritik yang disertai saran darimu untuk tulisanku ini.

Semoga bermanfaat.
Trims.


I need to read more

Google Mengganti Favicon

Salam,

Ternyata awal Januari 2009 ini Google baru saja mengganti favicon mereka. Menurutku, favicon terbaru mereka tidak lebih baik dari yang versi lama.

Baca tulisan dari google unofficial blog untuk keterangan lebih lanjut tentang pergantian Favicon ini.

Trims.


I need to read more

Kamis, 08 Januari 2009

Mozilla Firefox First Crash

What!

After many years I used Mozilla Firefox. I faced by crash!.



I am using Mozilla Firefox 3.0.5 when it become crashed. I really don't know how this happened, but I just know that when I try go to the homepage of a blog...then crashed.

Still wondering, how this happened.


I need to read more

Selasa, 06 Januari 2009

Modifikasi Huruf Dengan Photoshop

Salam,

Dalam tutorial photoshop kali ini aku akan memberikan panduan untuk memodifikasi huruf yang kita tulis melalui photoshop. Mungkin kamu bosan melihat jenis font di komputermu yang itu-itu saja. Nah, dengan panduan ini kamu bisa mengkreasikan huruf sesuai kemauanmu.

Dasarnya, kita akan memodifikasi work path(kerangka) yang sebelumnya dihasilkan melalui huruf yang kita tulis, kemudian setelah itu work path yang telah dibentuk ulang kita ubah menjadi vector mask(gambar). Misalkan kamu ingin membuat sebuah poster, kamu bisa menerapkan tutorial ini.

Berikut panduan / tutorial modifikasi huruf dengan photoshop:

Menyiapkan Work Path
  1. Tulislah kata yang ingin kamu modifikasi menggunakan Horizontal Type Tool. Kalau aku menuliskan kata "indonesia" sebagai contoh.


  2. Setelah ditulis, klik kanan teks dengan Horizontal Type Tool hingga muncul popup menu dan pilih Create Work Path.


  3. Kemudian akan muncul work path dipinggir tiap huruf. Lalu buat layer baru dan hilangkan simbol mata pada layer teks yang kamu buat.


  4. Pilih layer baru yang kamu buat, dan work path-mu siap dimodifikasi.

Modifikasi Work Path
  1. Untuk memodifikasi work path gunakan Convert Point Tool, pilih Convert Point Tool.


  2. Mulai modifikasi. Kumulai dengan huruf pertama yaitu "i", pilih huruf "i" maka akan muncul kotak-kotak kecil pada tiap sudut. kotak kecil itu adalah poin yang membentuk work path.
  3. Bayangkan bentuk yang kamu inginkan dan kemudian mulailah membentuk dengan memilih poin (ditandai dengan berubah menjadi kotak hitam) dan menggesernya.


  4. Teruskan ke huruf selanjutnya, dengan ulangi langkah 3.
  5. Kali ini aku akan mengubah bentuk huruf "o" dengan memilih beberapa poin sekaligus pada huruf "o" dan menghapusnya.

    Tips: Tahan tombol Shift untuk memilih poin lebih dari satu. Untuk menghapus poin, gunakan tombol Delete.


  6. Dan aku akan menambahkan workpath baru pada bagian yang telah kuhapus sebelumnya. Dengan cara memilih Pen Tool.


  7. Kemudian memilih ujung workpath yang kuhapus lalu meng-klik ujung satunya lagi dengan begitu akan tercipta work path baru.



Menjadikan Work Path Sebagai Gambar
  1. Setelah semua workpath(kerangka) setiap huruf diubah kini saatnya mengubahnya menjadi vector mask(gambar). Masih menggunakan Pen Tool, klik kanan work path hingga muncul popup menu dan klik Create Vector Mask.


  2. Bila workpath sudah berubah menjadi gambar vektor maka layer akan berubah menjadi sesuai di ilustrasi dibawah ini.


Memberikan Warna Pada Gambar Vektor 
  1. Setelah diubah menjadi gambar vektor, kita harus memberi warna. Karena vector mask seperti artinya hanyalah jiplakan dari workpath. Gunakan Paint Bucket Tool untuk memberi warna.


  2. Pilih warna yang kamu mau, dan klik gambar dengan Paint Bucket Tool.
  3. Maka gambar telah selesai dibuat dan siap dipakai untuk keperluan apa saja.
Setelah semua tahapan selesai dilaksanakan, berikan efek pada gambar yang telah dibuat agar lebih menarik. Dan berikut adalah gambar perbandingan huruf sebelum dan sesudah dimodifikasi.

Contoh lainnya:


Kelihatannya tidak ada yang spesial ya.

Sudahlah, intinya dari tutorial ini agar kamu bisa memanfaatkan work path untuk desain yang lebih rumit lainnya. Mohon kritik yang disertai saran darimu untuk tulisanku ini. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Cek juga cara Membuat Garis Putus-Putus di Photoshop. Semoga bermanfaat.
Trims.


I need to read more

Minggu, 04 Januari 2009

Tiga Gol Pada Tahun 2009

Salam,

Artikel ini merupakan jawabanku dari artikel Chris Brogan tentang Your 3 Goals for 2009.

Chris Brogan menuliskan tentang tujuan/gol pada tahun 2009, ia lebih memilih menuliskan sebuah tujuan/gol daripada resolusi karena menurut dia sebuah resolusi terlalu menekan kita namun kurang mempengaruhi kita dalam implementasinya.

Kalau aku sendiri, tidak pernah membuat suatu resolusi pada tiga tahun terakhir. Apakah sebuah resolusi mempengaruhi laju hidup kita? sampai saat ini kusendiri berkeyakinan kalau resolusi tidak mempengaruhi kita ditahun tersebut.

Namun, kusadar betul kalau hidup tanpa tujuan atau resolusi akan terasa hampa. Oleh karena itu sering kubuat tujuan pada pertengahan tahun atau lebih seringnya tentang kemauanku selama hidupku ditahun tersebut.

Tetapi kebiasaanku tersebut mempunyai kelemahan yaitu tidak adanya fokus pada setiap pekerjaan yang kulakukan. Dan pada tahun 2008 Semester dua aku sangat merasakannya, ketidakfokusanku pada suatu masalah membuat prestasi yang kubuat pada setiap pekerjaan berbeda.

Oleh karena itu saat ini aku memutuskan untuk membuat tujuan/gol pada tahun 2009 ini. Menurut Chris Brogan, penciptaan tujuan/gol setidaknya hanya sebuah kata kunci yang tidak terlalu spesifik sehingga kita bisa lebih mengimplementasikannya pada setiap pekerjaan.

Tujuan/gol pada tahun 2009 ini kubuat berdasarkan pengalamanku pada tahun 2008. Sehingga sebelumnya aku menganalisa kekuranganku pada tahun 2008 dan kemudian merumuskan kata kunci yang tepat dan menjadikannya Tiga Gol Pada Tahun 2009.

Berikut tiga kata kunci yang telah kurumuskan untuk menjadi tujuan/gol pada tahun 2009 ini:

Fokus, Terorganisir, dan Pelajari.

Fokus
Pada tahun 2008 aku cenderung mengerjakan dua pekerjaan atau lebih pada satu waktu sehingga waktu yang kuhabiskan untuk mengeerjakannya lebih banyak daripada orang lain. Hal inilah yang sangat kusadari, dengan begitu fokus adalah hal yang kubutuhkan pada tahun ini.

Teroganisir
Seluruh kegiatanku selama 2008 sama sekali tidak terorganisir, kadang aku mengatur jadwal kegiatanku hanya untuk satu hari dan setelah semua kegiatanku terlaksana kemudian waktuku terbuang untuk mengerjakan hal tak penting lain padahal masih banyak kewajiban yang harus dikerjakan. Semoga dengan dengan lebih teroganisir aku bisa fokus dan mengerjakan semua kewajibanku dengan cepat.

Pelajari
Selama aku belajar di Universitas Negeri Jakarta, terutama pada semester 2 sangat jelas sekali terlihat kalau aku sudah tidak lagi pelajari hal yang pada waktu SMA terus kupelajari. Walaupun tidak menuntut untuk mempelajari hal tersebut lagi, namun kuberharap dengan tujuan/gol ini kubisa menggali hal baru dan tentu membaginya dengan yang lain.


Terlihat kalau tiga kata kunci ini tidak seperti tujuan/gol hidup, namun semoga dengan cukup mengingat tiga kata kunci ini kubisa menjalani hidupku lebih baik. Karena pepatah mengatakan kalau tahun depan harus lebih baik karena tahun ini sudah lebih buruk dari tahun lalu.

Apa tujuan/gol yang kamu buat untuk tahun 2009 ini?

Trims.

foto oleh Isa_ïus D50@manchesteruk aamilner aaron schmidt


I need to read more

Kamis, 01 Januari 2009

Bagaimana Cara Menulis Cepat

Salam,

Tulisan ini adalah terjemahan ikhtisar dari How to Write Fast yang ditulis oleh Alisa Bowman.
Tidak ada tujuan lain dari publikasi ini, hanya untuk memberikan kemudahan bagi orang lain untuk memahami ini dalam bahasa lokal.

Bagaimana Cara Menulis Cepat

Selain menulis blog di Internet, pasti kamu juga mempunyai kegiatan lain di dunia nyata seperti: bekerja, kumpul dengan teman dan keluarga, dan lain-lain.

Namun dengan waktu yang terbatas, bagaimana kamu tetap melakukan itu semua setiap hari?

Ada beberapa pilihan jawaban untukmu:
  1. Kamu mulai tuk tidak tidur
  2. Mengurangi waktu dengan keluarga dan teman
  3. Atau kamu berusaha untuk menulis dengan cepat
Jika kamu memilih nomor 3 dan ingin tahu bagaimana caranya, teruslah membaca artikel ini.

Aku mulai terbiasa menulis cepat sejak bekerja menjadi reporter koran karena pekerjaan itu mengharuskan aku untuk bekerja dengan deadline yang singkat. Sehingga dalam 10 menit aku bisa menuliskan hingga 800 kata.

Dengan semua itu, aku mengetik sekitar 5000 sampai 10000 kata perminggu dan menghabiskan 6 sampai 7 jam sehari untuk menulis. Dan seiring dengan itu akupun mengembangkan 6 langkah tentang cara menulis cepat.

Langkah 1
Sebelum kamu menulis, bayangkan kalimatnya diotakmu. Setelah kamu selesai dengan satu artikel, rencanakan artikel yang akan ditulis selanjutnya dan pikirkan selagi kamu melakukan kegiatan lain.

Langkah 2
Pilih kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang akan kamu tulis. Ada beberapa format kata kunci yang sering dipakai yaitu:
  • Q&A : Orang lain memberikan pertanyaan kepadamu dan kamu menjawabnya.
  • Tips: Memulai dengan beberapa paragraf dan daftar tips. Tulisan ini mengikuti format ini dengan kata "tips" dan "langkah".
  • Pengalaman: Menulis artikel berdasarkan pengalaman yang terjadi.
  • Daftar: Menuliskan daftar suatu website, buku, atau tokoh yang hebat.
  • Kuis: Memberikan beberapa pertanyaan kepada pembaca dan menyimpulkan hasilnya.
Banyak format lain selain diatas, namun kunci untuk menulis dengan cepat adalah mengunakan format yang ada dan menyempurnakannya.

Langkah 3
Mulailah menulis sekarang. Mulailah menulis saat ini juga dan jangan berhenti hingga tidak ada lagi kata yang tersisa didalam otakmu, jangan pedulikan aturan tata bahasa karena bisa membuatmu lupa dengan semua yang telah kamu pikirkan.

Sisipkan catatan kecil dalam tulisanmu sehingga kamu bisa menggantinya setelah selesai menulis. Misalnya: 'periksa ejaan nama', 'cari URL', atau 'kata yang ingin kutulis'.

Langkah 4
Setelah menulis artikel bacalah ulang dari awal hingga akhir. Lengkapi kalimat yang sebelumnya kamu tulis sebagai catatan kecil.

Langkah 5
Baca ulang dengan mengucapkannya hingga kamu bisa membetulkan kata-kata yang terdengar tidak lazim.

Langkah 6
Selesailah langkah kamu menulis artikel dan siap utuk diposting.


Artikel ini telah kutulis dalam waktu sekitar 10 menit.
Tuliskan caramu untuk menulis cepat dibagian komentar.

--
Cara menulis cepat ini menurutku berhubungan dengan dengan Batch Processing ala Darren Rowse. Sehingga dengan menggabungkan kedua metode itu kita tetap rutin menulis blog dan juga melakukan banyak hal di di dunia nyata.

Artikel terjemahan diatas adalah ikhtisar sehingga tidak semua kata atau kalimat terjemahkan diatas. Silahkan baca artikel lengkap How to Write Fast di problogger.net yang ditulis oleh Alisa Bowman.

Semoga bermanfaat
Trims.

Foto oleh superjde


I need to read more

 
Amal Agung Cahyadi